Baitul Hamd

Baitul Hamd adalah nama salah satu rumah di surga yang diperuntukkan oleh Allah subhanahu wata’ala kepada seorang hamba yang mampu bersabar, memuji dan beristirja’ kepada-Nya saat nyawa anaknya dicabut oleh Allah. Hal ini sebutkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam sabdanya:

  إِذَا مَاتَ وَلَدُ الْعَبْدِ قَالَ اللَّهُ لِمَلَائِكَتِهِ قَبَضْتُمْ وَلَدَ عَبْدِي فَيَقُولُونَ نَعَمْ فَيَقُولُ قَبَضْتُمْ ثَمَرَةَ فُؤَادِهِ فَيَقُولُونَ نَعَمْ فَيَقُولُ مَاذَا قَالَ عَبْدِي فَيَقُولُونَ حَمِدَكَ وَاسْتَرْجَعَ فَيَقُولُ اللَّهُ ابْنُوا لِعَبْدِي بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَسَمُّوهُ بَيْتَ الْحَمْدِ

‘Jika anak seorang hamba meninggal, Allah berfirman kepada para malaikatNya: Kalian telah mencabut anak hambaKu. Mereka menjawab; ‘Ya.’ (Allah Tabaraka Wa Ta’ala) berfirman; ‘Kalian telah mencabut buah hatinya.’ Mereka menjawab; ‘Ya.'(Allah Tabaraka Wa Ta’ala) bertanya: ‘Apa yang dikatakan hambaKu.’ Mereka menjawab; ‘Dia memujiMu dan mengucapkan istirja’.’ Allah berkata: ‘Bangunkanlah untuk hambaKu satu rumah di surga, dan berilah nama dengan Baitul Hamd’.” (HR. Tirmidzi: 1021, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah: 1407)

Istirja’ adalah ucapan inna lillahi wainna ilaihi raji’un. Ucapan ini adalah ciri khas ucapan hamba-hamba Allah yang penyabar. Allah berfirman:

وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ ، الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. (QS. Al-Baqarah: 155-156)

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ditimpa ujian berupa meninggalnya anak yang disayang, maka bersabarlah, ridhalah dengan takdir Allah subhanahu wata’ala mudah-mudahan Anda mendapatkan rumah di surga-Nya yaitu rumah yang bernama Baitul Hamd.

Baca juga Artikel:

Tempat Tinggal Di Surga

Pondok Jatimurni BB 3 Bekasi, Bekasi, Ahad, 12 Sya’ban 1441H/ 5 April 2020 M

Zahir Al-Minangkabawi

Follow fanpage maribaraja KLIK

Instagram @maribarajacom

Bergabunglah di grup whatsapp maribaraja atau dapatkan broadcast artikel dakwah setiap harinya. Daftarkan whatsapp anda  di admin berikut KLIK

Zahir Al-Minangkabawi

Zahir al-Minangkabawi, berasal dari Minangkabau, kota Padang, Sumatera Barat. Pendiri dan pengasuh Maribaraja. Setelah menyelesaikan pendidikan di MAN 2 Padang, melanjutkan ke Takhasshus Ilmi persiapan Bahasa Arab 2 tahun kemudian pendidikan ilmu syar'i Ma'had Ali 4 tahun di Ponpes Al-Furqon Al-Islami Gresik, Jawa Timur, di bawah bimbingan al-Ustadz Aunur Rofiq bin Ghufron, Lc hafizhahullah. Kemudian melanjutkan ke LIPIA Jakarta Jurusan Syariah. Sekarang sebagai staff pengajar di Lembaga Pendidikan Takhassus Al-Barkah (LPTA) dan Ma'had Imam Syathiby, Radio Rodja, Cileungsi Bogor, Jawa Barat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
WhatsApp Yuk Gabung !